G-0924CMY6K4

Sistem Among Pendidikan

Keistimewaan dalam Sistem Among Pendidikan

Sistem pendidikan yang selalu berubah tentu tidak mengherankan kali karena pendidikan harus sejalan dan tidak tertinggal oleh zaman. Namun, apakah Anda pernah mendengar mengenai sistem among pendidikan? Ini merupakan sistem yang sudah lama ada dan pencetusnya adalah Ki Hajar Dewantara. Tentunya sistem pendidikan ini sudah sangat lama dan bisa dibilang berada di zaman yang berbeda dengan sekarang.

Apa yang Membuat Sistem Among Pendidikan Istimewa?

Namun, siapa sangka bahwa among pendidikan masih menjadi sistem pendidikan yang relevan dengan zaman saat ini. Inilah yang menjadi keistimewaan dari among pendidikan hasil pemikiran Ki Hajar Dewantara ini.

Anda tentunya penasaran dengan keistimewaan dari sistem among pendidikan, bukan? Apa yang sebenarnya membuat sistem ini bertahan dan masih relevan dengan zaman yang sudah begitu terpaut jauh.

Pendidik Berperan Sebagai yang Terdepan dalam Memberi Contoh

Proses belajar berawal dari kegiatan mencontoh dan ini sudah peserta didik mulai sejak kecil. Pada proses pembelajaran pun, peserta didik akan lebih mudah mempelajari sesuatu dengan adanya contoh dari pendidik. Dari contoh ini, peserta didik dapat mengembangkan dan menggali sendiri seperti apa materi yang harus mereka pahami.

Pendidik Berperan Sebagai Penyemangat dan Pembangun Motivasi Belajar

Proses eksplorasi peserta didik tentu tidak akan berjalan mulus dan pasti ada sedikit banyak rintangan dan tantangan yang mereka hadapi. Peserta didik membutuhkan peran pendidik untuk memberikan semangat agar terus berusaha. Setiap peserta didik memiliki kemampuan intelektual yang berbeda sehingga butuh banyak dukungan agar mereka bisa terus maju.

Pendidik Berperan Sebagai Pendorong untuk Belajar dan Berkreasi

Belajar memang tidak boleh dalam kondisi terpaksa, tetapi terkadang dorongan dan paksaan ini perlu demi kebaikan peserta didik. Kegagalan atau ketidakmampuan dalam belajar sering kali membuat peserta didik merasa dirinya bodoh dan pada akhirnya menyerah berusaha. Di sini, pendidik memiliki peran untuk membantu agar mereka mau terus mencoba dan berusaha sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Itulah 3 poin yang menjadi keistimewaan dari sistem among pendidikan. Sebagai pendidik, Anda mungkin akan tertarik untuk mengaplikasikan sistem ini pada proses pembelajaran di sekolah. Keberadaan teknologi pun dapat dengan sempurna teradaptasi dan terpakai oleh among pendidikan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *